fbpx

Cincin pernikahan merupakan simbol ikatan suci di antara dua insan. Ya, cincin merupakan salah satu benda penting yang akan kamu dan pasangan gunakan seumur hidup pernikahan. Oleh karenanya, memilih cincin pernikahan yang tepat menjadi hal penting yang tak boleh dilakukan secara asal.
Nah, di sini akan dibahas bagaimana tips memilih cincin kawin yang tepat dan nyaman. Berikut hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan cincin pernikahan.

1. Tetapkan Anggaran

Ilustrasi pasangan. Sumber: Unsplash/Priscilla Du Preez

Memiliki cincin pernikahan yang cantik dan elegan menjadi impian banyak pasangan sebelum melangsungkan pernikahan. Namun, hal ini sebaiknya disesuaikan dengan gaya hidup dan budget kamu. Misalnya jika kamu dan pasangan adalah tipe orang yang aktif, maka desain cincin yang comfort fit akan lebih cocok ketimbang cincin dengan ornamen yang banyak.
Lalu bagaimana dengan anggarannya? Siapkan sekitar 3% dari budget pernikahan untuk mendapatkan cincin idaman. Dengan mengetahui anggaran yang tepat hal ini memudahkan kamu memilih jenis, material hingga model cincin yang sesuai denganmu.

2. Memilih Bahan Dasar Cincin Pernikahan

Ilustrasi cincin pernikahan. Sumber: Unsplash/Fallon Michael

Bahan dasar cincin bukan hanya emas kuning atau emas putih, lho! Ternyata masih ada beberapa logam yang kerap dijadikan bahan dasar cincin seperti perak hingga rosegold.
Untuk pengantin Muslim, biasanya mempelai pria dilarang untuk menggunakan cincin kawin berbahan dasar emas. Oleh karenanya, pilihan logam lain seperti perak bisa menjadi alternatif. Kamu dan pasangan juga tetap bisa mendesain cincin dengan bahan logam yang berbeda misal untuk yang perempuan menggunakan emas putih sementara untuk laki-laki menggunakan perak. Karena warnanya hampir senada, kedua cincin dengan bahan berbeda tetap terlihat serasi ketika dikenakan.

3. Tentukan Model Cincin Pernikahan

Belaflore Halo Ring Set – Doc. Maharaja

Saat ini, begitu banyak model cincin pernikahan yang bisa kamu dan pasanganmu jadikan referensi. Jika ingin membuat desain cincin sendiri juga diperbolehkan mengingat pernikahan merupakan benda yang memiliki nilai personal tinggi. Namun pastikan untuk membuat desain yang modern dan nyaman agar tetap cantik untuk dikenakan dari masa ke masa.
Jika ingin cincin pernikahan yang timeless, model cincin solitaire atau cincin dengan satu mata bisa menjadi pilihan. Ada juga cincin berbentuk bulat polos yang mengandung filosofi baik yakni harapan kehidupan rumah tangga yang lancar tanpa hambatan berarti. Jika ingin model kekinian dan megah, kamu bisa memilih cincin listring atau eternity yang saat ini tengah menjadi tren. Semua tergantung pada seleramu dan pasanganmu.

4. Ukuran Cincin yang Tepat

cincin pernikahan cincin kawin
Solaire Ring Set – Doc. Maharaja

Cincin kawin akan digunakan seumur hidup. Oleh karenanya, banyak pasangan berpendapat bahwa memilih cincin dengan ukuran lebih besar lebih baik mengingat kemungkinan adanya perubahan berat badan.
Ternyata cara ini kurang benar, lho! Pasalnya menggunakan cincin kebesaran akan membuat kamu merasa tidak nyaman terlebih cincin juga bisa terlepas dari jari tanpa disadari. Oleh karena itu, sebaiknya memilih cincin yang pas untuk mu. Caranya adalah dengan membeli cincin di sore hari ketika suhu tubuhmu berada dalam tingkat normal. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan bentuk ukuran cincin yang benar-benar pas dengan jari manismu.

5. Periksa Kualitasnya

cincin pernikahan cincin kawin
Ilustrasi Penikahan. Sumber: Unsplash/Photos by Lanty

Cincin kawin tergolong benda berharga. Jadi sebaiknya kamu membeli cincin pernikahan di toko perhiasan baik offline ataupun online terpercaya seperti di Maharaja guna memastikan perhiasan yang disediakan terjamin kualitasnya. Pastikan cincin kawin dilengkapi dengan dokumen lengkap yang biasanya disertai dengan keterangan bahan, kadar, berat hingga tanda kualitas.

Itulah beberapa tip ketika kamu ingin memilih cincin kawin yang tepat dan berkualitas. Semoga sederet tip memilih cincin pernikahan di atas bermanfaat ya!